Berita  

Anies Berencana Lanjutkan Program Rumah DP 0 Persen, Konsepnya Sama dengan pada Jakarta

DOSPOK.COM – Bakal Calon Presiden Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, berencana melanjutkan program hunian dengan DP 0 persen jika nantinya terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029. Program ini pernah dijalankan Anies saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Hal itu disampaikan Anies dalam Rakernas DPP Asosiasi Pengembang Perumahan serta Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) pada Hotel Vertu Harmoni, Jakarta Pusat, Jumat (10/11/2023).

Anies awalnya mengatakan dirinya calon mempermudah sektor selain formal untuk mendapatkan KPR hunian.

“Salah satu misi utama kita adalah menghasilkan KPR untuk semua, bagaimana kredit perumahan rakyat bisa saja diakses untuk semua agar warga Indonesia yang tersebut hari ini berkeinginan untuk miliki rumah, memiliki kebutuhan punya rumah,” uja Anies.

Ditemui seusai acara, Anies ditanya mengenai apakah konsep kredit perumahan warga sebanding seperti program DP 0 persen yang dicanangnya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ia pun mengiyakan.

“Dua-duanya (skema DP 0 lalu kemudahan kredit),” kata Anies menjawab pertanyaan wartawan.

Lebih lanjut, Anies berencana ingin mengembangkan konsep hunian DP 0 peren dengan memanfaatkan aset pemerintah yang dimaksud tidaklah lagi digunakan.

“Ini mereka sering mengalami kesulitan lahan, di dalam sisi lain pemerintah punya banyak lahan. Pemerintah punya banyak lahan, dibuat mekanisme untuk memudahkan bagi akses lahan, terutama bagi akses-akses perkotaan,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam visi-misi pasangan Anies lalu Muhaimin Iskandar atau AMIN, salah satunya adalah menyediakan rumah nilai tukar terjangkau dengan lokasi dekat pusat kota.

“Menyediakan hunian layak, dekat pusat kota, dan juga dengan nilai terjangkau bagi semua kalangan, termasuk anak muda serta pekerja informal,” demikian tertoreh dalam visi misi AMIN.

“Menyediakan brogram KPR bersubsidi untuk penduduk berpenghasilan rendah, termasuk untuk anak muda yang tersebut belum mempunyai rumah serta menyediakan hunian layak dengan sistem sewa yang tersebut terjangkau,” lanjut dokumen tersebut.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *